Evolusi Logo dan Icon Google Dari Waktu ke Waktu

Logo Google Baru 2015
Seperti yang kita ketahui, beberapa bulan yang lalu Google membuat sebuah perusahaan induk bernama Alphabet, dan beberapa kurun waktu setelahnya, Google juga membuat logo baru. Tapi, ini bukan yang pertama kali, Google sudah berturut-turut mengubah logonya sejak tahun 1998.

Bersamaan dengan diluncurkannya logo baru tersebut, Google mengunggah sebuah video di YouTube menceritakan tentang evolusi perubahan logonya. Anda dapat mencarinya di YouTube dengan kata kunci "Google, Evolved". Pada video ini, ditayangkan sebuah sejarah visual Google dari tahun 1998 hingga 2015.

Awalnya logo Google dikonsep oleh pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page saat lulus dari Universitas Stanford. Pada saat itu, Google masih belum terkenal dan masih digunakan sebagai mesin pencari bagi Universitas Stanford. Dahulu sama seperti Yahoo!, Google juga memiliki tanda seru pada logonya, menjadi Google!.
Logo Google Pertama

Agustus 1998:

Tepat dua tahun setelah Sergey Brin dan Larry Page membuat Google, dan kurang satu minggu sebelum akhirnya Google menjadi perusahaan resmi.

Pada saat itu Brin dan Page sedang menghabiskan minggu terakhir mengunjungi festival Burning Man, sebuah event tahunan yang diadakan di San Fransisco.
figur burning man
Figur Burning Man
Nah, karena mereka sedang sibuk berlibur, mereka membuat logo doodle yang kemudian dijadikan logo homepage Google. Doodle itu menggambarkan logo Google dengan figur burning man pada huruf "O" pada Google, juga menyiratkan kepada pengunjung bahwa mereka sedang tidak di kantor, namun sedang berlibur menonton festival burning man.
Logo Google Burning Man

September 1998:

Sebulan setelahnya, Google berpindah menjadi Google.com dengan versi beta. Dan momen tersebut menjadi peluncuran resmi Google sebagai mesin pencarian.
Logo Google Beta

Mei 1999:

Google melepas embel-embel beta-nya, menandakan Google sudah siap secara user-experience sebagai search engine. Logonya otomatis juga berubah, mereka mengubahnya menjadi sebuah logo dengan nuansa menyenangkan, menggunakan font legendaris bernama 'Catull'. Tulisan alfabet-nya juga menjadi lebih tipis dari sebelumnya, ditambah dengan bayangan dibelakang tulisan.
Logo Google 1999

Mei 2010:

Sudah sepuluh tahun Google tidak mengevolusi logo-nya. Namun, akhirnya meminimalis tampilannya dengan memberi sedikit brightness, dan mengurangi level bayangan pada tulisan logo.
Logo Google 2010

September 2013:

Perubahan berikutnya terjadi dilakukan Google setelah tiga tahun lamanya. Pada saat itu, gaya seni metro/flat UI sedang gencar-gencarnya. Google juga menerapkan gaya flat pada logonya. Google meratakan bevel 3D logo, dan menghilangkan bayangan pada tulisan.
Logo Google 2013 Flat

September 2015:

Dua tahun kemudian, juga sebulan sesudah Google membuat induk perusahaan bernama Alphabet, logo Google mengalami perubahan.
Logo Google 2015 New
Icon pada situs google.com juga sempat diubah, menjadi logo Google yang mengandung empat macam warna dasar Google.
Favicons Google History
Meskipun logo Google masih berupa tulisan, Google juga mengubah font tulisannya. Yang tadinya memakai 'Catull', kemudian mengubahnya menjadi gaya font Sans-Serif, dengan sedikit perubahan, mereka menyebutnya sebagai 'Product Sans'.

0 Response to "Evolusi Logo dan Icon Google Dari Waktu ke Waktu"

Post a Comment

Tulis komentarmu berkaitan artikel diatas