Baguette, Roti Tradisional Perancis Yang Memiliki Sejarah Unik!

Baguette, mungkin terdengar asing di telinga kita. Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada nama sebuah roti yang terkenal dari Perancis. Dalam bahasa Inggris, kita sering menyebutnya sebagai 'French Bread', sedangkan di Indonesia sering disebut 'baget'. Selain itu, roti ini juga memiliki sejarah yang unik dan brilian!
baguette roti perancis
Baguette, french bread (photo by google.com)
Mungkin sebagian dari anda pernah melihat roti di atas. Entah dari serial televisi, animasi, bahkan video game. Nah, itulah yang disebut Baguette. Bentuknya gemuk dan panjang, juga teksturnya kasar. Tapi jangan salah, bagian dalamnya empuk dan lembut lho. Makanya roti pentung ini sangat terkenal di Perancis dan di negara-negara Eropa, bahkan di Indonesia.

Baguette memang terkenal akan keunikan ukurannya, yaitu bisa mencapai 65 cm - 1 meter. Wah, mantap sekali untuk disantap dalam jangka waktu panjang, apalagi diameternya sekitar 5-6 cm. Cocok sekali dijadikan cemilan.

Sejarah

Menurut Wikipedia, istilah "baguette" pertama kali dilahirkan pada tahun 1920. Sebelumnya istilah ini digunakan untuk merujuk kepada "tongkat", makanya roti ini juga berbentuk seperti tongkat. Saat ini, simbol baguette dipakai sebagai icon kebudayaan negara Perancis berdampingan dengan Menara Eiffel, roti Croissant, dan lain-lain.
napoleon dan baguette
Napoleon Bonaparte, dan baguette panjang (photo by baguetteandco.co.nz)
Dilansir oleh theguardian.com, roti baguette dahulu sengaja diciptakan sedemikian rupa agar prajurit napoleon tidak kerepotan membawa bekal yang terlalu banyak di medan perang. Bentuknya yang panjang memudahkan mereka untuk menaruhnya di saku celana mereka. Konon, ide tersebut diilhami oleh sang napoleon sendiri sebelum bergegas menginvasi negara Rusia.

Google Doodle 13 September 2015

Google Doodle Baguette
Google Doodle Baguette
Hari ini Google membuat sebuah doodle (gambar depan situs google.com) untuk memperingati tahun ke-22 peresmian roti baguette. Pada tahun 1993, decret pain meresmikan roti gulung panjang ini sebagai makanan tradisional Perancis.

Rasa dan kelezatan

Kalau rasanya, mungkin sama dengan kebanyakan roti pada umumnya. Kecuali jika anda menambahkan perasa didalam adonannya. Tapi ada beberapa sumber mengatakan bahwa roti ini kadang dicampur dengan selai dan keju leleh.

1 Response to "Baguette, Roti Tradisional Perancis Yang Memiliki Sejarah Unik!"

Tulis komentarmu berkaitan artikel diatas