Kisah Pedagang Buta Jualan Kerupuk Keliling

pedagang kerupuk kaki lima buta
Di sebuah postingan yang dituliskan oleh seorang netizen, Ja'far Sodiq dalam akun Facebook-nya bercerita tentang pertemuannya dengan seorang pedagang kaki lima yang berjualan kerupuk mengitari kota. Dia merasa ingin membeli kerupuk tersebut dan mendekati si pedagang ini. Kemudian terjadilah percakapan:

Saya: "Pak, kerupuk harganya berapa?"
Bapak: "Rp. 3000 mas"
Saya: "Beli 3 ya pak"

Bapak itu kemudian berdiri dan meraba-raba letak tas pinggang nya. Kemudian dia kaget, ternyata bapak ini tidak dapat melihat. Pedagang ini buta.


"Astaghfirullah. Ternyata bapak itu buta", ‪ucapku dalam hati. Saya lihat bapak itu cuma bengong.

Saya: "Ini uangnya pak"
Bapak: "Beli 3 ya? Harganya Rp. 9000"
Saya: "Iya"
Bapak: "Uangnya berapa mas?"
Saya: "Rp. X0. 000"
Bapak: "Bentar ya kembalian nya"

Bapak itu sibuk membongkar uang di tas nya, nyaris di keluarkan semua di tangannya.

Bapak: "Ambil saja mas kembaliannya"
Seketika itu saya pun terkejut mendengar perintah dari si bapak.
Dalam hati berkata, "Saya kan cuma pengen tau gimana cara bapak itu balikin kembalian. Nggak serius ambil kembali nya". Lalu secara spontan saya bertnya kepada bapak itu.

Saya: "Pak. Kalo saya kasih uangnya Rp. 2000 terus saya ambil kembali nya Rp. 10.000, bapak kan nggak tau. Terus nanti bapak rugi dong?"
Bapak: "Gusti Allah nggak akan salah alamat kasih rejeki mas. Kalo sekarang saya harus rugi, saya yakin Gusti Allah pasti lagi nyiapin rejeki lain buat saya"

Subhanaallah, gemetar hati mendengarnya ‪(‎speechless‬)

Bapak: "Udah ambil kembali nya?"
Saya: "Nggak usah pak, hari ini Allah kirim rejeki untuk bapak"
Bapak: "Terima kasih mas"
Saya: "Sama-sama. bapak hati-hati ya"

‪Orang yang punya kekurangan pun masih giat mencari rejeki, bagaimana dengan kita? Sebagian dari kita mungkin memiliki kelebihan yang tidak dimiliki beliau, namun banyak dari kita yang masih bermalas-malasan.

0 Response to "Kisah Pedagang Buta Jualan Kerupuk Keliling"

Post a Comment

Tulis komentarmu berkaitan artikel diatas