5 Tips Menghemat Uang Agar Tidak Cepat Boros

dompet tipis

Di zaman sekarang banyak orang percaya, uang adalah sumber kehidupan. Orang zaman dahulu bertahan hidup dengan cara berburu, bertani kemudian hasilnya untuk sendiri, namun berbeda dengan zaman sekarang, mereka harus mencari uang terlebih dahulu untuk menyambung hidupnya.

Uang memang bukan segala-galanya, tapi uang seolah menentukan segalanya. "Tanpa uang, hidup serasa akan mati", begitu kata sebagian orang.

Anda perlu mengatur pendapatan anda agar uang anda tidak cepat habis. 5 tips menghemat uang berikut ini mungkin bisa membantu dalam mendukung keuangan anda:

1. Kurangi konsumsi sekunder

Ciri orang yang konsumtif suka mempergunakan uangnya untuk membeli sesuatu yang kurang utama. Di pagi hari, mungkin segelas kopi mahal sudah menemaninya di ruanag santi, siang hari melepas dahaga dengan membeli soft-drink, dan makanan ringan lainnya. Bahkan sempat membeli aksesoris handphone.  

Jika anda ingin menghemat uang, berhentilah membeli barang yang kurang utama. Setiap anda berhasrat untuk membeli sesuatu, coba bandingkan dengan hasil kerja keras dan penghasilan anda. Dan apakah kebutuhan primer anda sudah tercukupi sepenuhnya?

2. Buat rincian pengeluaran anda

Jika anda memiliki kebiasaan boros setiap harinya nongkrong di kafe untuk memesan segelas minuman mahal, katakanlah seharga Rp. 10.000, coba anda hitung pengeluaran anda dalam setahun.

Dalam 12 bulan anda sudah menghabiskan uang sebesar Rp. 3.600.000 - itupun hanya untuk segelas minuman seharga ceban. Daripada menghabiskan uang, alangkah baiknya digunakan untuk hal produktif.

3. Dapatkan uang saku tambahan

Jika bos anda menawari lembur dengan imbalan yang lumayan, ambil saja. Ingat, kesempatan tidak datang setiap saat. Jika anda bekerja lembur, kemungkinan mendapat gaji ekstra, maka anda telah berhasil merubah waktu menjadi potensi uang, daripada menggunakan waktu lembur anda untuk hal yang kurang pokok. Anda juga bisa mencoba kerja sambilan yang sesuai dengan kemampuan anda.

4. Pakailah sebagaimana mestinya

Uang akan berguna ketika dia dipakaikan untuk sesuatu yang berarti dalam hidupmu. Kalau anda punya uang jutaan rupiah di bank, tapi tidak pernah dipakai, sama saja uang itu tidak ada gunanya melainkan hanya lembaran-lembaran saja.

Ketika anda mempunyai uang kemudian dipakaikan untuk makan malam bersama pasangan, bukan hanya dinner-nya saja yang didapat, bahkan kenangan manis juga bakal anda dapatkan. Maka gunakan uang sebagaimana bergunanya bagi hidupmu.

5. Tabung saja untuk masa depan

Berpikirlah untuk masa depan anda, perhatikan kondisi anda sekarang, apakah dengan gaya hidup boros dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik kedepannya? Mulailah tabung uang anda untuk biaya menikah, atau planning lainnya berkenaan dengan kehidupan futuristik anda.

0 Response to "5 Tips Menghemat Uang Agar Tidak Cepat Boros"

Post a Comment

Tulis komentarmu berkaitan artikel diatas